HJ. SHERRIN : SEBAGAI ISTRI PNS HARUS MAMPU MENJADI PENDAPING DAN PENDUKUNG KEBERHASILAN SUAMI
13 Desember 2016

Sebagai istri PNS, peran anggota Dharma Wanita sangat strategis, dituntut berperan dalam pembangunan dan mendukung keberhasilan program pemerintah. Dalam keluarga anggota Dharma Wanita adalah sebagai istri yang diharapkan mampu menjadi pendamping dan mendukung keberhasilan suami. Demikian dikatakan Ketua TP-PKK Provinsi Jambi sekaligus Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola pada saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-17 Tahun 2016 Dharma Wanita Persatuan, bertempat di Aula Dharma Wanita Provinsi Jambi pada Rabu (07/12/2016) pagi.

Adapun Tema Hut DWP ke-17 kali ini adalah "Penguatan Kualitas Istri ASN Menuju Ketahanan Pangan Keluarga".

Dalam sambutan dan arahannya Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj, Sherrin Tharia Zola menyampaikan, tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita sebagai peningkatan kualitas sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional. "Sebagai organisasi yang tujuan utamanya yaitu, membina anggota, memperkokoh rasa persatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan meningkatkan rasa kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian dan berbudi luhur," kata Hj. Sherrin.

Dalam kesempatan tersebut, isteri orang nomor satu di Provinsi Jambi ini juga berharap agar program unggulan Dharma Wanita yang sudah dibuat dapat diimplementasikan ditengah masyarakat. "Kita tahu sekarang ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang giat-giatnya membangun. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak," harap Hj. Sherrin.

Dikatakan juga oleh Hj. Sherrin, Pemerintah Provinsi Jambi saat ini masih dihadapkan dengan beberapa pekerjaan yang harus dientaskan secara bersama. "Permasalahan ini khusus terkait perempuan, misalnya penurunan angka kematian ibu dan bayi, meningkatkan pendapatan dan keterampilan perempuan diberbagai bidang," ucapnya.

Hj. Sherrin juga berharap kepada DWP Provinsi Jambi agar dapat melakukan sinergi, sinkronisasi serta kerja sama perencanaan, pelaksanaan antara program kerja Dharma Wanita Persatuan dengan program kerja SKPD, termasuk  antara lain yang diperankan oleh suaminya.

Pada kesempatan ini Hj. Sherrin juga menyampaikan ucapan selamat memperingati Hut ke-17 Dharma Wanita Persatuan. "Sekali lagi saya ucapkan selamat memperingati HUT ke-17 Dharma Wanita Persatuan. Semoga kegiatan yang tengah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi semua orang," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj. Lovia Trisna Ridham membacakan sambutan tertulis Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat Ny. Wien Ritola Tasmaya menyampaikan, sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia sudah selayaknya DWP mengambil peran strategis dan berperan aktif dalam konstelasi pembangunan nasional. “Potensi DWP mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai kecamatan dan kelurahan sudah menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam menyukseskan program nasional," katanya.

Dikatakan  Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat, Dharma Wanita merupakan mitra pemerintah. "Kita semua harus mendukung program kerja pemerintah, seperti ikut mensosialisasikan Kartu Indonesia Pintar dan Gemas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), dimana program-program pemerintah tersebut sangat erat sekali dengan tujuan Dharma Wanita yaitu mensejahterakan anggota keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat juga mengajak seluruh DWP untuk melangkah kedepan dengan kekuatan penuh, karena masih banyak masalah secara nasional yang perlu diselesaikan oleh kaum perempuan, dan  hendaknya kaum perempuan selalu kritis dalam melihat isu-isu yang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi penuh dalam penyelesaian masalah bangsa secara antisipatif. "Kita tidak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini, seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak dan termasuk juga banyak sekali kekerasan seksual terjadi terhadap anak-anak dibawah umur. Untuk itu peningkatan kualitas ketahanan keluarga perlu diperbaiki dalam penyelesaiannya," ajaknya.

Sementara itu juga sebelumnya, Ketua panitia penyelenggara HUT ke-17 DWP Ny. Evi Johni Najwan dalam laporannya menyampaikan, dalam rangka memperingati Hut ke-17 Dharwa Wanita Persatuan ada beberapa kegiatan perlombaan yang telah dilaksanakan, diantaranya lomba pemasangan tengkuluk yang telah dilaksanakan, lomba rias wajah, bakti sosial, donor darah, penanaman pohon serta berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada hari puncak ini.

Hut ke-17 DWP kali ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola.

Turut serta pada kesempatan ini para Ketua Organisasi Wanita, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan anggota DWP Provinsi Jambi serta para undangan lainnya.